Minggu, Maret 04, 2012

Apakah Earth Hour Itu?


Menurut kutipan Wikipedia Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampudan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Dapat diringkas bahwa Earth Hour adalah sebuah kegiatan peduli lingkungan yang diadakan secara serempak oleh warga Bumi.

Gabunglah di acara Earth Hour yang akan dilaksanakan serempak di 18 kota di Indonesia

Apa kontribusi Kita?
Sun Tzu pernah mengatakah “Know Your Enemy, Know Your Self, then You Will Win 100 Battles”. Dengan mengenali musuh dan diri sendiri, kita dapat membantu bumi untuk memerangi perubahan iklim. Siapa musuh kita? Ada delapan macam pemborosan yang perlu kita ketahui, yaitu :
  1. Air – eksploitasi air tanah yang berlebihan mengakibatkan penurunan permukaan tanah, menghilangkan fungsi hidrologis sungai, dan erosi.
  2. Listrik – kebanyakan listrik dibuat dari pembakaran energi yang tidak tergantikan. Listrik tidak bisa dicadangkan. Kebocoran listrik (losses) di Jakarta tahun lalu 8,3%. Kecil? Coba dikalikan dengan konsumsi total
  3. Gas – ada tiga macam Gas : Natural, Prophane, dan Methane. Untuk Methane sendiri adalah gas yang berbahaya, memberikan dampak 21 x lebih besar dibandingkan CO2 untuk GreenHouse effect. Methane dihasilkan dari eksploitasi tambang batu bara, landfill dan peternakan
  4. Emisi – asap, air yang tervaporasi, heated air, dan residual gasses
  5. Bahan Mentah (raw material) – sampah dari produksi berupa scrap yang merupakan material sisa yang tidak dipakai lagi
  6. Material bumi –batu dan tanah untuk pembangunan, tanaman dan garam
  7. Sisa Produk – sampah dari produk yang selesai digunakan, contohnya adalah bungkus permen. Pernahkah kita menyadari butuh ratusan tahun bagi bungkus permen tersebut untuk terdegradasi sempurna?
  8. Limbah produk  – limbah padat beracun, B3, dll.
Setelah kita mengetahui siapa musuh kita, saatnya kita mengenal diri kita – sejauh apa kita sanggup berkontribusi, idealnya memang memakai 100% sumber daya terbarukan dengan tanpa meninggalkan sisa produk, namun tidak perlu yang besar dan spektakuler yang terpenting adalah mulai dari yang paling sederhana. Contoh : jika ada kebocoran kran segera perbaiki, maka kita akan menghemat air. Jika kendaraan umum memungkinkan, sebaiknya kita simpan mobil di rumah, maka kita menghemat emisi gas buang. Mulai dari diri sendiri, dan lakukan itu sekarang!
Mari kita lihat, apakah kita adalah peminjam yang baik? Karena sejatinya adalah kita meminjam bumi ini dari anak cucu kita


Penulis : Ashif F. Riady ~ Investasi Kita Untuk Hijaukan Bumi

Artikel Apakah Earth Hour Itu? ini dipersembahkan oleh Ashif F. Riady pada hari Minggu, Maret 04, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Greener Redaction ::

Next Prev home

1 komentar:

Direktori mengatakan...

Terimakasih atas kunjungan dan partisipasinya bersama Direktori Blog Indonesia.
Blog anda sudah kami tayangkan pada listing kami, silahkan klik tombol Google+ dan bagikan ke network anda di Facebook dan Twitter.
Agar listing anda tetap berada di halaman depan Direktori Blog Indonesia, sebaiknya anda "sundul" postingan tersebut dengan mengirimkan komentar.
Salam hangat dan semoga sukses

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Support by Mudaers.com | Sobat Bumi